Kamis, 02 Mei 2013

STUDIO RADIS FM



Radis FM merupakan salah satu studio radio yang dimiliki Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Melalui media radio ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang berita-berita khususnya sekitar dunia pertanian. Skrip berisi tentang latar belakang permasalahan dan isi yang dituangkan dalam bentuk dialog atas fakta-fakta dilapang mengenai permasalahan yang ada.
Studio Radis mempunyai beberapa fasilitas yang dapat digunakan, antara lain mixer, microfon, headphone, komputer beserta akses internetnya. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk menyiarkan berita bagi para radiser (sebutan untuk pendengar RADIS) yang telah disiapkan sebelumnya. Berita disampaikan oleh penyiar atau announcer. Saat menyiarkan berita agar tidak terkesan monoton atau membosankan penyiar dapat menyisipkan lagu pada saat penyampaian berita. Tambahan informasi berita yang disampaikan penyiar dapat mengakses internet yang disediakan pada studio Radis. Bentuk penyiaran radio dalam menyampaikan seputar informasi mengenai perkebunan karet yaitu semi formal, dibawakan secara santai dengan bahasa Indonesia yang tidak kaku atau menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pendengar sehingga diharapkan pendengar mudah menyerap berita.
Berita yang disampaikan untuk para pendengar Radiser adalah berita tentang dunia perkebunan karet di Desa Sukokulon Kecamatan Semboro. Agar berita yang disampaikan tidak terkesan monoton atau membosankan penyiar dapat menyisipkan lagu pada saat penyampaian berita. Tambahan informasi berita yang bersifat mendukung berita utama dapat didapatkan dengan cara mengakses internet yang telah disediakan pada studio Radio Pendidikan Sosial Ekonomi Pertanian (RADIS FM) untuk mempermudah proses siaran. Lagu-lagu yang disediakan oleh studio Radio Pendidikan Sosial Ekonomi Pertanian (RADIS FM) terdiri dari beberapa lagu lokal (lagu Indonesia) dan lagu manca Negara.



Program         : Warta Berita Pertanian dan Lagu Indonesia
Durasi             : 4 menit
Call Sign         : Radis FM, Friendship Edutainment Station
  ( 107.8 Radis Fm/ Friendship Edutainment Station// )
Call Audience : Radiser

Opening
Seratus tujuh koma delapan Radis FM/ the education and entertainment radio// Assalamu’alaikum wr wb kth/ Pa kabar nih para radiser semuanya? smoga tetep baik-baik aja ya…// Seneeeng banget rasanya / (nama penyiar) bisa kembali lagi buat Radiser semua / di acara yang kita tunggu-tunggu yaitu Warta Berita Pertanian.
Oke para radiser semua//warta berita pertanian kali ini datangnya dari perkebunan karet PT Hasfarm Sukokulon, Tanggul Jember/ada kabar sih dari perkebunan karet PT Hasfarm ini.. langsung saja (nama penyiar) Infokan untuk para Radiser semua yang saat ini lagi dengerin.
Perlu para Radiser ketahui bahwa PT Hasfarm ini merupakan perusahaan yang memproduksi perkebunan karet/dimana hasil dari perkebunan karet tersebut diolah menjadi bahan setengah jadi oleh PT. Hasfarm Sukokulon//dan nantinya akan di Ekspor ke luar negeri seperti Jepang dll.// namun nih para radiser//               PT. Hasfarm Sukokulon mengalami masalah terhadap kondisi sosial masyarakatnya//, dimana masyarakat disekitar perusahaan banyak yang merupakan karyawan PT. Hasfarm itu sendiri ni para radiser.
§   Anno 1
Kondisi sosial masyarakat sangat mempengaruhi produktifitas perkebunan karet di PT Hasfarm ini//karena pekerjanya itu kebanyakan adalah masyarakat di sekitar perkebunan karet itu sendiri para radiser,hmmm…//.Emang apa sih hubungannya sama produksi karet ini para radiser.??// ternyata ini para Radiser// pegawai perkebunan karet PT Hasfarm sukokulon tanggul ini// kebanyakan termasuk usia sudah habis masa produktifitasnya atau dengan kata lain sudah terlalu tua untuk bekerja berat di perkebunan// sehingga mengurangi produksi hasil perkebunan karet tersebut//.untuk itu PT Hasfarm Sukokulon Tanggul membutuhkan karyawan yang masih kuat dan mampu bekerja di perusahaan ini//. Namun kenyataannya// kebanyakan usia-usia yang produktif atau yang mampu untuk bekerja berat// enggan untuk bekerja seperti itu.// karena para radiser/ mereka memilih untuk bekerja yang lebih ringan dan mudah seperti di kantoran.//hmm…susah juga y radiser?// disamping usia produktif tersebut dibutuhkan oleh PT Hasfarm, tapi usia produktif tersebut mempunyai pekerjaan yang lebih enak.// disamping panas, bekerja di perkebunan pun sangat berbahaya /seperti banyak hewan liar. Seperti itu ya radiser…
§   Annon 2
Menurut manajer perkebunan karet PT Hasfarm Sukokulon ini, kurangnya pekerja produktif untuk bekerja dikebun karet disamping mengurangi produksi karet itu sendiri// kurangnya pekerja produktif juga menyebabkan banyaknya tangan-tangan nakal yang mencuri lateks-lateks di kebun//hal tersebut berakibat pada hasil produksi karet itu sendiri..
Wah….//bahaya juga ya para radiser..
Menurut (nama penyiar) ni para radiser//dengan kejadian-kejadian seperti itu// kenapa PT Hasfarm tidak merecrut atau mengambil para pegawai yang produktif dari luar daerah saja// jangan hanya dari daerah sekitar pabrik seperti itu y radiser..?//
Di sampinng itu//untuk menarik para pekerja yang produktif tersebut tentunya PT Hasfam harus melakukan strategi tertentu sehingga menarik untuk orang-orang atau calon pegawai yang produktif// salah satu strategi yang menurut (nama penyiar) sangat efektif yaitu dengan menaikan upah/gaji karyawannya// sehingga apabila gaji tersebut lebih besar dari pekerjaan lain// maka masyarakat akan tertarik untuk bekerja di PT Hasfarm ini..seperti itu.
Demikian sedikit informasi dari dunia pertanian perkebunan karet                 PT. Hasfarm Sukokulon/semoga saja informasi tersebut bermanfaat bagi para radiser semua//sekian dari (nama penyiar) kurang lebihnya mohon maaf// akhir kata// Terus Perkaya Diri dengan Ilmu Pengetahuan// dan wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh///

Tidak ada komentar:

Posting Komentar